Maudy Ayunda Jajal Tradisi Jemparingan

Kamis, 17 September 2015 - 07:52 WIB
Maudy Ayunda Jajal Tradisi Jemparingan
Maudy Ayunda Jajal Tradisi Jemparingan
A A A
YOGYAKARTA - Kentalnya budaya tradisi Yogyakarta membuat takjub seorang Maudy Ayunda. Bahkan karena kekagumannya itu menjadikan dara pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini turut menjajal budaya 'jemparingan'. Jemparing atau olahraga memanah tradisional yang masih banyak dilestarikan oleh warga Yogyakarta.

Namun berbeda dengan olahraga panahan yang berdiri pada umumnya, 'jemparingan' justru dilakukan dengan posisi duduk bersila sembari menghadap samping. Bagi yang tidak terbiasa tentu merasa kesulitan dengan posisi demikian.

"Jemparingan itu ternyata susah banget. Bersama 10 sahabat (dalam ajang Secret Date with Maudy Ayunda), saya sempat coba jemparingan. Seperti archery atau (olahraga) panahan tapi berbeda, karena duduk bersila dan menyamping. Sudah dikasih panah paling ringan tapi itupun sudah sangat kesulitan, ternyata berat sekali," ungkap Maudy kepada wartawan di sela-sela Media Gathering Ceritaku dan Teh Javana, di Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY), pekan lalu.

Meski demikian, dara kelahiran 19 Desember 1994 mengaku terkesima dengan budaya tradisi dan para pelaku 'jemparingan' yang sudah berumur itu. Seperti seorang ibu yang ternyata sudah melakoni olahraga itu sejak SMA.

"Sempat mengobrol dengan ibu-ibu dan tanya dari kapan melakukan jemparingan, ternyata dari SMA. Bagus sekali karena di Yogyakarta ada budaya ini, apalagi itu dilestarikan dan ada komunitasnya. Apresiasi dan wow keren banget, makin bangga dengan Indonesia," jelas dia.

Kedatangannya ke Yogyakarta yang biasa dilakukan dalam rangka tur film dan liburan itu pun tidak sia-sia.

Karena dalam kunjungan yang kelima kali ini, dirinya mendapat pengetahuan dan pengalaman baru. Tidak hanya 'jemparingan', Maudy pun juga sempat menjajal tradisi Patehan. Yakni tradisi minum teh ala Keraton Yogyakarta.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4004 seconds (0.1#10.140)